Tips Hidup Sehat Tanpa Obat

Jumat, 06 Juni 2014

KEMANGI SI MULTI KHASIAT



Kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum yang bermakna tumbuhan beraroma. Hal semacam ini mengacu pada aroma khas yang keluar dari daun kemangi. Di Indonesia sendiri kemangi seringkali digunakan untuk pelengkap beragam type masakan untuk menaikkan aroma yang menggugah selera. Satu diantaranya yaitu pepes.

Tetapi, tak hanya dipakai untuk bumbu masak daun kemangi juga berguna untuk kesehatan. Hal semacam ini tak terlepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya.
Faedah Daun Kemangi untuk Kesehatan


Nah, dibawah ini adalah sebagian faedah daun kemangi untuk kesehatan pria serta wanita.

1. Meredakan demam & masuk angin
Daun kemangi dapat meredakan demam serta masuk angin yang terkena oleh balita. Langkahnya Ambillah sebagian daun kemangi, lalu diremas berbarengan bawang merah serta minyak kelapa, lalu di oleskan ke perut, dada, serta punggung balita.

2. Menyehatkan mata serta mulut
Vitamin A dalam daun kemangi mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan infeksi mata, meredakan mata yang stres, serta menghindar masalah pada mata yang lain. Bukan hanya itu, tak hanya daun mint, kemangi juga mempunyai dampak beri kesegaran bau mulut bila dikonsumsi.

3. Memperlancar ASI
Daun kemangi fresh diakui bisa menghindar bau tubuh serta bau mulut, dan membuat lancar ASI. Kamu dapat memakai untuk lalap rekan makan nasi serta sambal.

4. Anti inflamasi
Kemangi adalah agen anti inflamasi yang bertugas mengobati bengkak serta ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga terhitung sumber kalsium yang baik yang diperlukan tulang untuk menghindar osteoporosis.

5. Menopouse
Kemangi bisa tunda menopouse lantaran kandungan Zat triptofan pada daun kemangi dapat tunda monopause. Oleh karenanya, perbanyaklah konsumsi kemangi bila Kamu mau tunda massa menopouse.

6. Menghindar batuk
Di Thailand, kemangi dipakai untuk bumbu masak. Di India serta beberapa lokasi di Afrika, daun kemangi diseduh jadi teh. Teh kemangi di sajikan pada waktu perubahan musim, waktu orang-orang setempat gampang diserang batuk, pilek, atau demam.

7. Menangani Keputihan
Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi bisa membunuh jamur pemicu keputihan. Jadi, waktu Kamu alami keputihan, rajin-rajinlah konsumsi daun kemangi. dapat untuk lalap atau digabung dengan makanan lain, umpamanya pepes.

8. Merangsang Sel Telur
Daun kemangi bisa menolong sistem pematangan sel telur (ovulasi) lantaran kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).
9. Antiradang
Kandungan zat cineole, myrcene serta eugenol yang ada pada daun kemangi berperan untuk antibiotik alami serta antiperadangan.

10. Kesehatan Jantung
Menurut sebagian riset, daun kemangi bertindak dalam pelihara kesehatan Jantung lantaran kandungan betakaroten serta magnesium. Keduanya adalah mineral utama yang berperan melindungi serta pelihara kesehatan jantung.

11. Menangani Stroke
Menambah manfaat pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke lantaran kandungan isoflavon pada kemangi serta juga ada pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, bisa menambah manfaat pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

12. Faedah lainnya
Beberapa perokok dapat mengunyah daun kemangi setiap saat saat mereka mau merokok. Dengan demikian, kemampuan antioksidan dapat melakukan perbaikan system yang rusak disebabkan dampak nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, menghindar diabetes, serta menangani batu ginjal.

Kandungan Daun Kemangi


Daun kemangi memiliki kandungan komponen gizi serta komponen non gizi yang benar-benar berguna untuk badan.

Komponen Gizi Daun Kemangi


Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten (provitamin A) serta vitamin C. Betakaroten bertindak mensupport manfaat penglihatan, menambah tanggapan antibodi (merubah manfaat kekebalan badan), sintesis protein untuk mensupport sistem perkembangan, serta untuk antioksidan.

Vitamin C diantaranya bermanfaat untuk pembentukan kolagen untuk pengobatan luka serta pelihara elastisitas kulit, menolong penyerapan kalsium serta besi, antioksidan, menghindar pembentukan nitrosamin yang berbentuk karsinogenik (mengakibatkan kanker).

Kolagen adalah senyawa protein yang merubah integritas susunan sel di seluruhnya jaringan ikat, seperti pada tulang riskan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, serta tendon (urat otot). Daun kemangi kaya bakal mineral makro, yakni kalsium, fosfor, serta magnesium. Kalsium utama untuk pembentukan serta perkembangan tulang, transmisi impuls saraf, menolong kontraksi otot, serta menolong mengaktifkan reaksi enzim.

Fosfor bertindak dalam perkembangan tulang, menolong penyerapan serta transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam serta basa. Magnesium menolong merilekskan jantung serta pembuluh darah, hingga membuat lancar aliran darah.

Komponen Non-Gizi Daun Kemangi


Daun kemangi juga memiliki kandungan komponen nongizi diantaranya senyawa flavonoid serta eugenol, arginin, anetol, boron, serta minyak atsiri. Flavonoid serta eugenol bertindak untuk antioksidan, yang bisa menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol serta berbentuk antikanker.

Senyawa ini dapat berbentuk antimikroba yang dapat menghindar masuknya bakteri, virus, atau jamur yang membahayakan badan. Daun kemangi benar-benar bagus dikonsumsi wanita lantaran eugenol-nya bisa membunuh jamur pemicu keputihan.

Kandungan arginin-nya bisa memperkuat ketahanan sperma serta menghindar kemandulan. Senyawa anetol serta boron juga benar-benar bertindak dalam melindungi kesehatan reproduksi pria serta wanita.

Anetol serta boron bisa merangsang kerja hormon estrogen serta androgen, dan menghindar pengeroposan tulang. Hormon estrogen serta androgen bertindak dalam system reproduksi wanita.
Minyak atsiri gampang menguap serta memiliki kesibukan biologis untuk antimikroba. Minyak atsiri dibagi jadi dua komponen, yakni komponen hidrokarbon serta komponen hidrokarbon teroksigenasi atau fenol. Fenol mempunyai karakter antimikroba benar-benar kuat.

Minyak atsiri bisa menghindar perkembangan mikroba pemicu penyakit, seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, serta Escherichia coli. Minyak atsiri dapat juga mencegah infeksi disebabkan virus Basillus subtilis, Salmonella paratyphi, serta Proteus vulgaris.

Eugenol-nya bisa membunuh jamur pemicu keputihan. Serta stigmasterol bisa merangsang ovulasi (pematangan sel telur). Komponen tannin serta seng-nya bisa kurangi sekresi cairan vagina, sedang asam amino triptofan bisa tunda menopause. Komponen flavonoid seperti orientin serta vicenin pada daun kemangi dapat membuat perlindungan susunan sel badan. Sesaat itu, komponen flavonoid seperti cineole, myrcene serta eugenol berguna untuk antibiotik alami serta antiperadangan.

Ingin tau Tips menghilangkan bau badan dan bau mulut  klik DISINI
Sumber :
Vemale.com (Manfaat Daun Kemangi - Annisa)
Merdeka.com (5 Manfaat kesehatan daun kemangi - Rizqi Adnamazida)
Health.kompas.com (Menuai Faedah Daun Kemangi - Asep Candra ; Prof DR Made Astawan Pakar Tehnologi Pangan serta Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB))

KEMANGI SI MULTI KHASIAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar