Tips Hidup Sehat Tanpa Obat

Jumat, 06 Juni 2014

SERIBU MANFAAT BELIMBING WULUH



Faedah belimbing wuluh untuk kesehatan - Rasa Asem yaitu hal perdana yang pastinya bakal kamu rasakan apabila konsumsi buah belimbing wuluh. Tanaman ini kerap juga dimaksud belimbing sayur lantaran umum dipakai untuk bumbu rempah penyedap masakan.

Belimbing wuluh diprediksikan datang dari lokasi seputar maluku serta penyebarannya dimulai dari daerah-daerah lain di Indonesia dan sebagian Negeri seperti Myanmar, Malaysia, Filipina serta srilangka.

Seperti belimbing manis, area penanaman pohon belimbing wuluh biasanya di area pekarangan rumah. Faedah dari belimbing wuluh dengan cara umum untuk pohon peneduh serta digunakan buahnya untuk sumber konsumsi.

Ciri Umum serta Kandungan Kimia

Nama lokal.
Belimbing wuluh mempunyai sebagian nama daerah diantaranya : balimbing (lampung), bhalingbhing bulu (madura),), limbi (Bima), blingbing buloh (bali), calincing, balingbing (sunda), Caleneng (bugis soppeng), malimbi (nias), belimbing tunjuk (banjarmasin), blimbing wuluh (jawa, libi (sawu), balimbeng (flores), bainang (makassar), selemeng (gayo), belerang (sangir), belerang (sangir), balimbieng (minangkabau), balimbingan (batak), belimbing asam (Melayu),, asom, belimbing, limeng ungkot, selimeng (aceh).

Ciri Umum yang dapat dikenali :
Ketinggian pohon atara 5 -10 mtr., batang utama pendek untuk tempat tumbuh batang dengan wujud bergelombang.
Daun tumbuh pada tiap-tiap ujung batang, wujud daun tidak tebal, oval, majemuk, tumbuh berkelompok pada 11 sampai 37 anak daun dengan posisi berselang seling.
Bunga tumbuh di bagian batang, size bunga kecil, tangkai bunga memiliki rambut. Terbagi dalam mahkota dengan warna putih, kuning/lila.
Buah belimbing mempunyai wujud elips dengan panjang pada 4-10 cm. saat tetap muda, warna buah hijau muda serta bakal beralih jadi kuning/kuning pucat saat buah masak. Daging buah mengajdung kandungan air cukup tinggi dengan rasa asam.
Biji ada pada tiap-tiap buah dengan size ± 6mm, wujud pipih dengan warna coklat.

Kandungan unsur kimia.
Belimbing wuluh memiliki kandungan sebagian unsur kimia terlebih terdapat banyak di bagian buahnya, unsur itu diantaranya : glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, serta kalium sitrat.
Kandungan unsur kimia pada belimbing wuluh cukup utama serta bisa berikan faedah untuk manusia terlebih untuk melindungi kesehatan badan.

Faedah belimbing wuluh untuk obat dapat didapat dengan memakai bagian-bagian dari pohonnya yakni daun, bunga, serta pastinya sisi buahnya.

1. Buah
dapat digunakan untuk turunkan desakan darah tinggi, menangani jerawat, panu, sakit gigi serta pembengkakan pada gusi, memperlancar pencernaan badan, obat batuk rejan, peluruh kencing, diabetes dan dapat untuk obat kelumpuhan.

2. Daun.
Dapat jadikan ramuan obat yang di kenal cukup ampuh untuk menangani gondongan, rhematik, batuk serta sakit perut dan kencing manis .
Caranya rebus daun belimbing 20gram dengan air secukupnya kemudian saring airnya dan jadikan minuman sehari 2x ,tiap minum 1/4 cangkir saja.

3. Bunga.
Dapat jadikan obat batuk pada anak serta juga untuk menangani sariawan.

Sekian penjelasan singkat tentang beberapa faedah dari belimbing wuluh untuk satu diantara tanaman obat untuk menambah mutu kesehatan badan, smoga berguna

SERIBU MANFAAT BELIMBING WULUH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar